Berpikir dan Bertindak Untuk Lingkungan

Manusia dan alam merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Alam ada untuk manusia. Manusia dapat mengembangkan diri di dalam alam. Kesadaran akan penting dan manfaat alam bagi manusia telah tergeser oleh perilaku keserakahan manusia. Nilai-nilai kecintaan akan alam seakan telah tereliminasi dengan pola-pola perilaku pragmatis seperti pembangunan yang tidak berwawasan lingkungan, tambang yang merajalela, serta pembabatan hutan.

Menyoroti masalah alam berarti kita menyoroti relasinya dengan penumpangnya terutama manusia sebagai penumpang berakal budi. Bagaimana manusia memandang alam? Apa yang telah terjadi dengan alam? Apa yang telah terjadi dengan bumi dimana diatasnya manusia tinggal sekarang? Apa yang akan segera diperbuat manusia terhadap alam tempat huniannya?

Menanggapi kenyataa ini, dan dalam rangka menyongsong Hari Lingkungan Hidup, Mahasiswa UNIPA Maumere yang tergabung dalam Sekretariat Bersama UNIPALA, BEM-UNIPA, BEM-Fakultar Ilmu Kelautan dan Perikanan, bersama LSM-LSM yang tergabung dalam komunitas PfR (Caritas Keuskupan Maumere, Wetlands International Indonesia, LPTP, dan PMI) menyelenggarakan kegiatan aksi lingkungan hidup. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 5 sampai 7 Juni 2014 ini bertemakan “Berpikir dan Bertindak Untuk Lingkungan”.

Rangkaian kegiatan yang dijalankan meliputi aksi teatrikal serta pembagian benih tanaman dan selebaran bagi para pengguna jalan di seputaran Stadion Gelora Samador Maumere. Di hari berikutnya, kegiatan difokuskan di Kecamatan Magepanda bersama Camat Magepanda serta kelompok lingkungan hidup setempat. Di tempat ini kegiatan meliputi Kemah Hijau, pertunjukan Live Music, pemutaran film-film terkait tema lingkungan hidup, dan ditutup dengan penanaman 100 bibit Mangrove (Bakau) di Lokasi Hybrid – Kampung Fata, Desa Magendero – Kecamatan Magepanda.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *