Dalam Foto Kita Berbagi – Sharing Fotografi Caritas Keuskupan Maumere

Dunia fotografi tidak lepas dari keterampilan serta jiwa dari sang pengambil gambar juga bagi penikmatnya. Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, fotografi yang dahulu hanya bisa digeluti oleh sebagian orang, kini telah merambah ke hampir setiap orang. Dengan berbagai jenis perangkat kamera mulai dari telepon genggam yang sederhana dengan fitur kamera, beranjak ke Smartphone, lalu ke Digital Pocket Camera, hingga ke yang lebih profesional yakni kamera Digital Single Lens Reflector atau DSLR.

Situasi ini mengakibatkan bermunculan berbagai macam gaya dan jenis dalam dunia fotografi ini. Sebagai akibat lanjutannya, kini dunia profesi, korporasi, juga berbagai jenis lembaga dan organisasi dalam setiap momen ataupun kegiatannya mulai mengharuskan adanya kelengkapan dokumentasi berupa foto/gambar yang menunjang pelaporan atas kegiatan tersebut. Namun keadaan ini tidak serta-merta berarti bahwa semua orang telah mampu menghasilkan sebuah gambar/foto yang tidak hanya bernilai berita namun tetap memperhatikan unsur-unsur etika dan estetika dari foto tersebut. Masih ada sebagian orang yang juga belum mampu menghasilkan foto-foto yang layak untuk diberitakan/dipakai dalam pelaporan ataupun sekedar untuk mengabadikan momen-momen penting.

Berangkat dari kenyataan ini, Caritas Keuskupan Maumere bekerjasama dengan Karitas Nasional Indonesia (KARINA) KWI pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2014 yang lalu menyelenggarakan kegiatan Sharing Fotografi. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari bertempat di Aula Hotel Pelita – Maumere ini melibatkan setidaknya 21 orang peserta dari beberapa lembaga swadaya masyarakat seperti Caritas Keuskupan Maumere, KARINA KWI, Wetlands International Indonesia Program – Sikka, LPTP, dan PMI – Sikka dengan menghadirkan dua Narasumber yakni Yohanes Basskoro (KARINA KWI) dan Yohanis Antonius (Caritas Keuskupan Maumere). Sebagai sebuah sharing, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini lebih ditekankan agar para peserta bisa saling berbagi pengalaman juga sebagai wadah untuk saling belajar fotografi yang pada akhirnya mampu menghasilkan foto-foto yang baik dan bernilai berita.

Kegiatan yang dilakukan meliputi presentasi materi seputar pengenalan kamera dan fitur-fiturnya, aspek berita dalam foto, komposisi foto, Point of Interest dan EDFAT (Entire, Detail, Frame, Angle, Timing) dari sebuah foto, hingga penyajian foto kedalam tulisan/artikel, diselingi praktek pengambilan gambar. Di bagian akhir kegiatan, para peserta diberi kesempatan untuk saling berlomba dalam mengambil gambar/foto di lokasi Pasar Wuring. Yang menjadi pemenang tentunya berhak mendapatkan bingkisan dan kejutan.

Sebagai tindak lanjut atas kegiatan ini, di setiap akhir bulan para peserta khususnya dari Caritas Keuskupan Maumere diharuskan untuk mengumpulkan foto-foto kegiatan pada bulan tersebut untuk kemudian dilakukan review bersama.