Pelatihan Manajemen Keuangan sebagai Bagian dari Peningkatan Kapasitas Staff

Hidup di dunia modern tak dapat dipungkiri bahwa hampir segala hal membutuhkan uang. Uang telah menjadi suatu kebutuhan yang mutlak. Persoalan berikut yang muncul adalah sering kali orang tidak cukup pandai mengelola uang. Dimulai sumber pendapatan yang kemudian berlanjut ke pengeluaran yang sering kali tidak dapat terkontrol. Kecenderungan manusia yang lebih mengutamakan keinginannya ketimbang kebutuhannya telah menjadi persoalan dalam setiap sen yang dikeluarkan. Dan semua itu baru akan disadari ketika dompet semakin menipis dan akhirnya kosong. Belum lagi pengendalian pengeluaran uang yang sering kali terabaikan menjadi persoalan ekonomi yang cukup serius.

Menanggapi hal tersebut, Caritas Keuskupan Maumere menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Keuangan Keluarga bagi para staff Caritas Keuskupan Maumere. Pelatihan yang berlangsung pada tanggal 21 Februari 2017 di Aula pertemuan Kantor Caritas Keuskupan Maumere ini merupakan salah satu bagian dari upaya peningkatan kapasitas bagi para staff. Lebih dari itu, melalui pelatihan ini para staff diharapkan semakin matang dalam mengelola keuangan pribadi dalam keluarganya masing-masing yang di sisi lain juga adalah sebagai rasul-rasul PSE setidaknya hal ini dapat ditularkan bagi para umat di Keuskupan Maumere.

Hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Getrudis Roo Sadipun yang adalah salah satu finance officer di Kantor Caritas Keuskupan Maumere. Adapun materi yang dipresentasikannya antara lain tentang aset keluarga, perencanaan dan pengelolaan keuangan keluarga, pengendalian hutang, anggaran belanja keluarga, yang diselingi dengan sharing. Respon peserta cukup baik, dibuktikan dengan begitu banyak pertanyaan dan sharing yang disampaikan peserta terkait pengalaman mereka dalam mengelola keuangan keluarga. Dalam presentasinya, Getrudis juga menekankan pentingnya manajemen keuangan keluarga khusus bagi keuarga-keluarga baru yang masih dalam tahap belajar hidup berumah tangga.

Dalam rencananya, materi yang sama ini akan dipresentasikan pula bagi para ibu-ibu rumah tangga yang masuk dalam kelompok tani dampingan Program Rehabilitasi Kakao Caritas Keuskupan Maumere di wilayah Paroki Kloangpopot, Paroki Kloangrotat, Paroki Halehebing, dan Paroki Runut.