Paroki Kewapante yang berpusat di Geliting adalah satu dari 35 paroki di Keuskupan Maumere. Geliting yang juga adalah ibukota kecamatan Kewapante merupakan kota terpadat kedua dalam wilayah Kabupaten Sikka setelah Maumere, ibukota kabupaten. Di tengah kota ada pasar Geliting di mana tiap hari ada transaksi jual-beli tanpa mempedulikan kebersihan pasar. Sampah yang berserakan, got-got yang tersumbat dan pantai yang kotor merupakan pemandangan yang lumrah.

TUJUAN & SASARAN

Program MSK (Manajemen Sampah oleh Komunitas) bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap lingkungan yang bersih dan sehat; mengembangkan manajemen sampah yang baik; mengurangi dan mendaur ulang sampah plastik; mengembangkan proses pembuatan kompos dari sampah organik.

Sasaran yang hendak dicapai melalui program ini adalah lokasi pasar Geliting menjadi bersih; murid-murid sekolah yang terlibat dalam program ini mulai memiliki kebiasaan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan dan memilah sampah organik dan anorganik; anggota keluarga yang terlibat dalam program ini memilah sampah organik dan anorganik dari sampah rumah tangga; pemerintah kecamatan dan desa mengeluarkan peraturan mengenai kebersihan dan kesehatan lingkungan; pastor dan DPP (Dewan Pastoral Paroki) membuat kebijakan pastoral yang mengarah pada penciptaan lingkungan bersih dan sehat.