Disaster Risk Reduction (DRR) atau Pengurangan Risiko Bencana (PRB) adalah program yang dijalankan Caritas Maumere sejak tahun 2008. Awalnya dilakukan introduksi tentang CMDRR (Community Managed Disaster Risk Reduction) di 35 paroki se Keuskupan Maumere. Baru beberapa paroki yang menjadi fokus dari program ini.

TUJUAN

Program Pengurangan Risiko Bencana bertujuan untuk mengembangkan kebiasaan kesiapsiagaan bagi anggota komunitas di Keuskupan Maumere. Lebih khusus, program ini bertujuan untuk menciptakan dan mengembangkan kesiapsiagaan komunitas dalam menghadapi bencana; membangun kerjasama dan sinergi antara pelaku manajemen bencana.

PENGUATAN KAPASITAS WARGA

Di banyak paroki dibentuk organisasi PRB (Pengurangan Risiko Bencana) untuk mengorganisasi anggota komunitas dalam aksi-aksi PRB di komunitas. Karena itu, pada tahap awal mereka diberi pelatihan Community Development (Pengembangan Komunitas), pelatihan penyusunan proposal dan budget, serta pelatihan tanggap darurat. Diharapkan melalui pelatihan-pelatihan ini, pengurus dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh kepada anggota komunitas agar mereka senantiasa siap siaga dalam menghadapi bencana.

LETUSAN ROKATENDA DAN RELOKASI WARGA

Menanggapi dampak bencana letusan Gunung Rokatenda, program ini difokuskan pada pembangunan masyarakat yang yang resilien dan inklusi. Sasaran program adalah para pengungsi Rokatenda yang bersedia untuk direlokasi ke Pulau besar. Lokasi program adalah sekitar wilayah kota Maumere dan juga di Pulau Besar.